Sejarah Desa Tulungrejo

  03 April 2017  |  DESA TULUNGREJO

Nama Tulungrejo merupakan pengejawantahan dari sifat dan karakteristik budaya kehidupan wilayah tersebut dimasa lalu. Secara empiris masyarakat dahulu mempunyai watak suka membantu sesama, tolong menolong antar sesama menjadi ciri khasnya, letak geografisnya yang menjadi lintasan utama jalan propinsi dan lintasan kereta api diperbatasan selatan desa, wilayah ini juga banyak memiliki areal perkebunan dan banyak dibuka lahan untuk areal pertanin baru. Hal ini, mendorong wilayah ini selalu ramai oleh perantau yang mendorong pesatnya pertumbuhan populasi penduduk saat itu. Namun demikian, tulungrejo yang saat itu masih merupakan pedukuhan atau salah satu dusun dari desa sumbergondo tetap ramah dan sangat menghargai sesama.

         Masih menurut legenda, masyarakat di wilayah ini selalu mengerjakan sesuatu secara beramai-ramai seperti membuka lahan pertanian baru. Dari kebersamaan yang kental tersebut wilayah ini kemudian dikenal dengan nama Tulungrejo yaitu mayarakat yang hidup dengan tata peradaban kebersamaan.

         Desa Tulungrejo adalah hasil pemekaran wilayah dari Desa Sumbergondo pada tahun 1969. Pada tahun 1970 desa  tulungrejo melakukan pemilihan kepala desa secara langsung yang menghasilkan kepala desa pertama yaitu Bpk. BARNOTO. Yang pada saat itu Desa Tulungrejo masih terdiri dari 8 dusun, pada periode ketiga yaitu di bawah kepemimpinan Syaifuddin, SH, terjadi pemekaran wilayah menjadi 11 dusun.

         Semenjak berdirinya hingga kini, Desa Tulungrejo telah 4 kali mengalami pergantian kepemimpinan  yang kesemuanya dipilih secara langsung oleh masyarakat, berikut adalah nama-nama kepala desa yang pernah menjabat :

NO

NAMA

MASA JABATAN

KETERANGAN

1.

2.

3.

4.

BARNOTO

SUKO HADI /H. KHOLIK

SYAIFUDIN

WIDI PURNOMO

1970 - 1991

1991 - 1999

1999 - 2007

2007 - Sekarang

Kades  pertama

Kades kedua

Kades ketiga

Kades keempat

Contact Details

  Alamat :   Jalan Jember No. 141
  Email : Tulungrejobersatu@gmail.com
  Telp. : 0333 ( 821446 )
  Instagram :
  Facebook : Tulungrejo bersatu
  Twitter : @TULUNGREJO90


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi